Search Insights & Web

Sejarah Penemuan Mobil di Dunia



Insights Knowledge (IK) - Dalam kehidupan kita di zaman modern ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan kendaran bermesin yang disebut mobil Mobil (bahasa Belanda: automobiel) adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak).

Dalam sejarah penemuannya, mobil terkait dengan mesin penggerak dengan tenaga uap. Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.

Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

Mobil The Fardier of Cugnot (France)
1769. The "Fardier" of Cugnot (Prancis)

1775 Eolipyle. Monster kecil yang bikin kita penasaran sebagaimobil awal penemuannya. Prinsip operasinya telah dikenal sejak lama. Pada 1748, di Prancis, seorang Pastor Nolet, bereksperimen dengan sebuah mesin kecil, digerakkan oleh semburan uap. Mesin itu disebut "Eolipyle".

Dokumen utama yang berkaitan dengan keberadaan eolipyle adalah manuskrip Jerman abad ke-15 yang menunjukkan kereta yang dipasang pada empat kastor dan di bagian belakang terdapat semburan dari uap yang keluar: diperkirakan kalau semburan itu berasal dari sebuah bubuk. Ada kemungkinan bahwa mesin primitif ini dioperasikan oleh roket - yang akan membuatnya menjadi nenek moyang mesin roket!

Kereta jenis ini saat ini disimpan di Karlsruhe, Jerman: penemunya adalah orang Prancis dan diuji di Paris pada tahun 1775. Aeolipyle ini berfungsi dengan prinsip yang sama dengan kereta Pastor Verbiest: jet uap keluar melalui cerat melengkung digerakkan roda dayung, menyebabkan serangkaian roda gigi mengendalikan roda penggerak. Roda kemudi kecil dengan sistem penguncian ulir seperti sekrup. Mangkuk bagian bawah berisi bara yang menyala, memanaskan air mengisi tangki atas. Dan, beberapa saat kemudian, kereta bergerak dengan suara mendesis tinggi disertai dengan asap yang melimpah.

Mudah membayangkan efek yang dimiliki mesin semacam itu pada orang awam pada waktu itu, ketika dia bergerak dengan sendirinya, berasap dan bersiul! ... Namun, mainan kecil ini hanya digunakan untuk pengujian dan masih jauh dari penggerak mekanis yang sebenarnya. Masih lama sebelum penaklukan sains yang luar biasa ini dipraktikkan.

1775. Eolipyle

1784. Murdock steam engine (Inggris). Mesin uap Murdock tahun 1784 dari Inggris. Pada tahun 1782, William Murdock, yang mengarahkan perakitan mesin-mesin Boulton dan Watt di Redruth, Cornwall, berupa mesin uap. Dikatakan yang menjadi penemu beberapa model mobil mesin uapnya adalah ayahnya, khususnya, pada tahun 1784. Mesin mereka dikenal sebagai Belalang, yang kini didimpan di museum Birmingham.

Mobil mesin uap Murdock terdiri dari piring lonjong bertumpu pada tiga roda. Ketel tembaga dilintasi tabung api yang dipanaskan dengan arak anggur. Silinder vertikal dan masuk ke boiler. Batang piston, bergerak seperti pendulum. Yang pertama mungkin telah dicoba dan leluhur "mesin belalang" menjadi mode kendaraan antara 1800 dan 1830.

Mobil kecil ini tampaknya tidak dimaksudkan untuk pengangkutan orang, tetapi hanya sebagai prototipe eksperimental. Namun, Murdock mempertimbangkan perubahan gigi yang sesuai dengan tingkat kemiringan yang berbeda: yang akan membuat orang Inggris cerdas ini menjadi penemu prinsip pergeseran yang digunakan pada mobil modern.

Korespondensi antara Boulton dan Watt, bosnya, tertanggal 1786, menunjukkan bahwa MURDOCK mengoperasikan mesin uapnya satu atau dua mil di sebuah ruangan besar (dua atau tiga kilometer).  Legenda mengatakan bahwa suatu malam, di Redruth, mobil ini melarikan diri dari tangan MURDOCK, yang sedang mengujinya. Lalu menabrak orang di jalan utama, menambah kecepatan dan mulai mengejar seorang pendeta yang asyik membaca. Pendeta itu mengira dia melihat Iblis secara langsung! Pada 1791-1792, MURDOCK membangun mobil yang lebih besar, yang harus ditinggalkannya untuk melakukan pekerjaan lain.

Mesin uap Murdock tahun 1784 (Inggris)

1786 Mobil Mesin Uap Symington (Skotlandia -Inggris Raya). William SYMINGTON membangun mobil uap pertama pada tahun 1786. Mobil uap ini adalah yang pertama yang ditujukan untuk mengangkut orang. Karenanya mobil ini adalah leluhur sesungguhnya dari kendaraan bermotor. Sayang sekali tidak terliht jalan-jalan Skotlandia, Symington menghentikan pembuatan mesin ini.

Patut disayangkan bahwa Symington tidak melanjutkan penelitiannya di bidang ini. Suspensi kabin terinspirasi oleh gerbong kereta kuda, yang bahkan membuat beberapa orang berpikir bahwa Symington telah mengubah salah satu kendaraan ini menjadi mobil uap; tapi ini bukan masalahnya. Pabrikan yang bekerja di pangkalan yang benar-benar baru ... Elemen kendaraan yang paling mendasar adalah kemudi, yang langsung bertumpu pada roda depan yang menopang bagian berat. Sistem yang mengharuskan operator membuat banyak upaya untuk mengarahkan mesin berjalan dengan benar. Selain itu,  tidak ada lagi produsen yang menggunakan teknik primitif ini setelah tahun 1800. Sejak saat itu, kemudi menggunakan roda gigi atau ditempatkan di bagian depan dengan diabolos yang terpisah dari keseluruhan.

1786 Mobil Mesin Uap Symington (Skotlandia -Inggris Raya)

1788. Mesin uap Fourness (Inggris Raya). Di antara para peneliti Inggris ini, Robert FOURNESS adalah salah satu yang paling luar biasa, Pada tahun 1788, ia menghasilkan mesin uap yang dipasang pada empat roda dan terdiri dari inovasi: ketel piriform dikelilingi oleh perapian dan terhubung ke tiga silinder vertikal, termasuk steamdrain melewati tangki air. Air ini dipompa berkat sistem yang terhubung ke batang salah satu piston, dan sumbu yang disambungkan pada poros transmisi mengendalikan mekanisme distribusi uap: bayangan dari rocker katup yang melengkapi mobil modern. Namun, satu poin tampaknya agak diabaikan oleh pabrikan: kenyamanan pengemudi!

Memang benar bahwa pada waktu itu, para pelopor mekanik sangat sedikit peduli! Semua sama, dengan roda yang masif, tidak berperedam, dan mengingat kondisi jalan yang buruk 'mengerikan' pada waktu itu. Orang dapat bertanya-tanya bagaimana pengemudi berhasil mempertahankan posisinya?


1788. Mesin uap Fourness (Inggris Raya)

1801. Lokomotif  Jalan Raya Trevithick dan Vivian (Britania Raya). "Raksasa Cornish", demikian sebutan orang sezamannya. Karakter dapat berubah-ubah dan serba guna. Sepupu Andrew Vivian, TREVITHICK, memproduksi beberapa model mesin uap dan membangun lokomotif jalan raya. Diuji pada 24 Desember 1801 di Camborne.

Pada percobaan pertama, mesin - yang memuat tujuh hingga delapan orang - mendaki lereng Beacon Hill, dengan kemiringan 5%, tetapi harus berhenti sebelum puncak, karena kekurangan uap. Empat hari kemudian, tes dilakukan lagi. Setelah 400 yard (360 meter), mesin dihentikan karena terjadi kerusakan dan disimpan di gudang sementara.

TREVITHICK dan VIVIAN pergi ke penginapan terdekat "untuk menghibur hati mereka dengan angsa panggang dan minuman". Tapi kedua bersepupuan itu Lupa pada mesin mereka. Air yang ada dalam mesin itu menguap semua. Tabung ketel seperti setrika, memerah dengan cepat dan mesin terbakar. Kejadian itu, mengakhiri karier mesin ini.


1801. Lokomotif jalan raya Trevithick dan Vivian (Britania Raya)

1803. Mobil uap Trevithick dan Vivian (Inggris Raya). Pada tanggal 26 Maret 1802, TREVITHICK dan VIVIAN mengeluarkan paten baru yang menggambarkan mesin uap, kali ini termasuk kabin penumpang. Boiler, ditempatkan di bagian belakang. Silinder horizontal yang memberikan gerakan ke sumbu yang membawa roda besar dan roda gigi mengendalikan roda dengan diameter yang sangat besar. Kotak penumpang sangat tinggi dan aksesnya pasti agak sulit. Tetapi tempat pengemudi itu, tampaknya agak 'mengkhawatirkan'!

Mobil itu diperkenalkan di London pada tahun 1803. Kedua penemu itu berhasil untuk pertama kalinya di dunia melakukan perjalanan panjang, dengan kecepatan 8 hingga 10 kilometer per jam. Dalam perjalanan kembali, mobil menabrak gerbang kebun, untungnya tanpa merusak kendaraan. Tapi... gerbang kebun itu berantakan!

Seperti biasa, begitu mesin penemuannya telah berhasil membuktikan dirinya, TREVITHICK mengalihkan perhatiannya untuk mengabdikan dirinya hampir secara eksklusif untuk lokomotif kereta api, sehingga membuat kekayaan pemilik pertambangan Cornwall, tetapi bukan miliknya sendiri. Ia tidak pernah tahu cara membuat keuntungan materi dari penemuannya.

1803. Mobil uap Trevithick dan Vivian (Inggris Raya)

1824. Steam Diligence - Mesin uap dari Burstall and Hill (Inggris Raya). TIMOTHY BURSTALL dan John HILL berhasil melakukan penemuan penting di bidang tenaga mesin. BURSTALL dan HILL, memulai pekerjaan mereka pada tahun 1824, termasuk untuk pertama kalinya di dunia sistem transmisi dengan cardan (gardan), dilakukan berkat sambungan universal.

Dengan demikian, mesin mereka diberkahi dengan traksi ganda (satu di belakang dan satu di depan), sebuah sistem yang diciptakan kembali hanya seabad kemudian, dan menjadi hal yang luar biasa - masih diterapkan sampai sekarang. Mobil ini terdiri dari ruang penumpang. Di bagian belakang dengan boiler rendah terhubung ke dua silinder yang mengendalikan setengah pendulum. Pipa tembaga yang menghubungkan boiler dengan silinder yang dibuat spiral agar tetap elastis dan mencegah kerusakan.

Pertama kali diuji di Leith. Bobot kendaraan berat ini 8 ton. Melanjutkan ujicobanya di Edinburgh pada 1826, kemudian di London pada 1827: tetapi hasilnya kurang memuaskan. Boiler itu benar-benar terlalu lemah untuk menggerakkan kendaraan berat ini: bahkan, akhirnya meledak!

Kegagalan ini tidak menyurutkan semangat BURSTALL dan HILL, yang berusaha memperbaiki ketidaksempurnaan karya mereka. Kemudian mereka membangun mobil baru, dengan enam roda dan  banyak melakukan inovasi, antara lain sasis-mesin yang terpisah: penampilan pertama sistem traktor yang diadopsi secara universal sejak saat itu.

1824. Steam diligence of Burstall and Hill (Inggris Raya)

1828. Steam diligence of James (Great Britain). INGGRIS mengalami demam inovasi teknologi. Tempat berkembangnya bagi para penemu berbakat, yang membedakan diri mereka dalam banyak bidang dan terutama dalam penggerak uap.

Di antara para peneliti yang terampil dan bersemangat adalah insinyur amatir W.-Henry JAMES, yang memulai pada tahun 1824 serangkaian studi dan eksperimen yang paling menarik. Pada tahun yang sama, ia mengeluarkan paten untuk dua mesin yang didukung oleh dua silinder independen, masing-masing mengendalikan roda penggerak secara terpisah. Kemudian JAMES kembali mematenkan boiler tubular bertekanan tinggi.

Seperti banyak penemu waktu itu, James mencari mitra sponsor. Bekerja sama dengan Sir James ANDERSON, ia melakukan percobaan kendalaan besar untuk lima belas penumpang, yang sering dimodifikasi dari tahun 1826 hingga 1828. Kendaraan ini mencapai kecepatan 12 hingga 15 mil (19 hingga 24 km, per jam) di jalan rusak di hutan dari Epping. Setelah salah satu dari dua boiler rusak, mobil dapat kembali tanpa insiden dengan kecepatan 7 mil.

Mobil ini adalah mahakarya JAMES dan salah satu jenis kereta uap paling sempurna saat itu. Memungkinkan untuk menjadikannya mesin yang kuat, praktis, dan yang paling menguntungkan. Sayangnya, seperti banyak peneliti sebelumnya, JAMES beralih ke proyek baru dan meninggalkan karyanya pada tahun 1829. Ksulitan keuangan mulai menghampiri JAMES, yang memaksanya segera harus berhenti. Karena tidak memiliki dana, ia melanjutkan penelitiannya secara sporadis, mematenkan pada tahun 1832. Penemuannya berakhir di sana.

1828. Steam diligence of James (Inggris Raya)

1830. Mobil uap dari Pagani (Italia). Di Itali saingan pertama mobil Inggris muncul. Pada tahun 1830, mekanik Bologn Luigi PAGANI, pembuat mesin uap, memproduksi mobil yang diuji di wilayah Bologna. Sayangnya, tidak ada informasi rinci dari tes ini.

Mobil Uap Pagani dilengkapi dengan sistem keseimbangan primitif, tidak mungkin kendaraan ini memberikan kinerja yang menarik. Ia mengendarai mobil itu di pedesaan, berpenampilan monster yang bersuara melengking, bergetar, dan berasap, di hadapan para petani yang jauh lebih tidak siap seperti publik Inggris mengenai pengalaman semacam ini. Tentu saja menghasilkan kepanikan yang indah. ... Dan para petani itu bahkan mengira bahwa PAGANI adalah korban dari kutukan Iblis.

1830. Mobil uap dari Pagani (Italia)

1858. Rickett's "Stafford" steam tricycle (Great Britain). Pada tahun 1854, Thomas RICKETT Skotlandia menghasilkan roda tiga uap dua kursi, yang menandai kebangkitan kembali dalam konstruksi mobil.

Ketel ditempatkan secara horizontal menempati tempat yang jauh lebih penting daripada pada kendaraan zaman dulu. Pengaturan ini jelas terinspirasi oleh teknik lokomotif dan mempersempit ruang yang disediakan untuk penumpang, pada saat yang sama menghilangkan sebagian besar kenyamanan, terutama karena semua sistem suspensi kurang pada roda tiga ini.

Pada tahun 1858, Marquis dari Stafford meminta RICKETT untuk membangun sebuah mobil dua tempat duduk yang terinspirasi oleh model pertamanya: mekanik Skotlandia menyediakannya beberapa bulan kemudian. Berfungsi dengan sempurna, kendaraan ini memiliki selebritas tertentu, sehingga RICKETT menerima pesanan untuk mobil serupa yang kedua, dibeli pada tahun 1860 oleh Earl of Caithness. Dia melakukan perjalanan yang sangat panjang dengan istrinya di mobil ini, yang mendaki banyak lereng dengan kemiringan yang curam berkat perangkat dua kecepatan. Perjalanan ini adalah rute wisata besar pertama yang ditempuh dengan mobil. Eksploitasi ini menahbiskan mobil, meskipun tidak nyaman dan tidak ada perlindungan total bagi penumpang dalam cuaca buruk.


1863. Lenoir oil car (Prancis). Lahir di Belgia, di Mussy-la-Ville, pada 12 Januari 1822 Étienne LENOIR menjadi orang Prancis yang mengabdi pada Prancis selama pengepungan Paris pada tahun 1870. Namun, ia masih Belgia ketika ia menciptakan mesin gasnya yang terkenal , sehingga Belgia pun bangga pada putra ini dan juga Prancis.

Berasal dari keluarga sederhana, menjadi penemu. LENOIR memperoleh ketenaran pada tahun 1858 ketika ia menyempurnakan mesin gas penerangannya. Itu adalah penemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membuka cakrawala luas untuk mobil. Tapi LENOIR, sebagai peneliti yang sempurna, tidak menganggap dirinya puas sebanyak dan, sudah, ia berencana untuk menggunakan sumber energi lain seperti gas bi-fuel, hidrogen bahan bakar cair, gas sulfur dan, akhirnya, minyak bumi.

Untuk menguji penemuannya, LENOIR memutuskan untuk membangun sebuah mobil pada tahun 1860 yang dapat mengangkut beberapa orang. Mobil ini adalah station wagon yang besar dengan bangku-bangku melintang dan samping. Pengemudi, terletak di bagian depan, memiliki rem tangan di samping dan duduk di kursi yang menutupi terpal yang berisi air untuk mendinginkan mesin. Mobil  dilengkapi dengan karburator yang juga ditemukan oleh LENOIR dan dioperasikan dengan gas minyak bumi.

Mobil itu diuji pada bulan September 1863. LENOIR melakukan "perjalanan" Paris-Joinville-le-Pont (perjalanan 18 km) dalam waktu satu setengah jam. Menurut penemunya, mobil itu berat dan mesinnya terlalu lemah (hanya menghasilkan 1,5 tenaga kuda). Selain itu, konsumsi minyak dan air sangat besar: hasil yang mengecewakan LENOIR.

Namun langkah besar baru saja diambil. Sebuah babak baru dalam sejarah otomotif dibuka. Dua belas tahun sebelum Marcus dan dua puluh dua tahun sebelum Daimler dan Benz, mesin pembakaran internal menjadi kenyataan. Babak baru dalam sejarah otomotif dibuka.

1863. Lenoir oil car (Prancis)


Mendapatkan kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.

Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai semua keperluan mobil, seperti tempat parkir yang terbatas lahannya, harga bahan bakar yang mahal, dan masyarakat yang memilih kendaraan umum.

Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tetapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.

Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.

Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.

Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.

Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910–1911), suspensi independen, dan rem empat ban.

Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).

Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan

Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak tembok dengan mobil tenaga-uapnya "Fardier" pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.

Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.

Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.

Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api pada sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.

Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.

Meskipun terjadi peningkatan dalam teknologi keselamatan, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

Baca Juga