Search Insights & Web

10 Pengobatan Terbaik untuk Menyembuhkan Hernia Inguinalis Tanpa Operasi!

Insights Knowledge [IK] - Bagi yang menderita hernia inguinalis harus dengan kesakitan yang luar biasa. Tonjolan dan rasa sakit di bawah perut dapat menjadi kendala dalam kehidupan sehari-harinya. Mayoritas orang menyelesaikan masalah dengan pilihan operasi tapi sebagian lagi menghindari karena takut akan efek lain yang mungkin terjadi.

Hernia Inguinalis
Foto: herminahospitals.com

Ini mungkin terdengar aneh tapi ya, pengobatan hernia inguinalis tanpa operasi sebenarnya bisa dilakukan. Perubahan gaya hidup sederhana, olahraga, dan beberapa pengobatan alami dapat membantu meringankan gejala hernia.

Beberapa solusi yang dapat menghilangkan kerumitan dan rasa sakit saat menjalani perbaikan hernia dibahas di bawah ini.

Memakai Sabuk Hernia

Jika secara tidak sengaja hernia terdorong melalui lubang kanalis inguinalis sedemikian rupa sehingga hernia terdorong hingga ke skrotum maka hernia menjadi tidak dapat direduksi. Untuk mengobati hernia inguinalis tanpa operasi atau mencegah kondisinya bertambah parah, memakai sabuk hernia mungkin bisa membantu. Sabuk, serta gulungannya, mencegah hernia berpindah ke tempat asalnya. Mereka mengikat hernia dan tetap utuh pada tempatnya. Ini adalah solusi sementara untuk hernia inguinalis, jadi tidak bijaksana membiarkannya tidak diobati.

Jika Batuk atau Mengejan, Pegang Hernia

Setiap kali penderita hernia inguinalis batuk, bersin, atau mengejan, hal itu memberikan tekanan pada daerah yang bengkak. Untuk mencegah adanya tekanan pada hernia, Anda dapat memegang hernia dengan tangan. Tidak hanya mencegah tekanan ekstra tetapi juga mencegah tekanan lain muncul di sisi lain.

Jalan-jalan ringan

Ketika seseorang dengan hernia inguinalis berjalan, hal ini tidak hanya memperkuat perut bagian atas tetapi juga perut bagian bawah dan dasar panggul. Jalan cepat selama 30 menit setiap hari bisa efektif sekaligus menenangkan bagi orang yang mencari pengobatan inguinal tanpa operasi.

Hindari makanan yang menyebabkan peradangan

Penting untuk menghindari makanan seperti gluten atau makanan olahan yang dapat menyebabkan peradangan. Jika sebagian usus sudah terdorong melalui kanalis inguinalis, penting untuk melindunginya dari peradangan. Jika tidak, Anda mungkin merasa mulas, kembung, dan lesu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan pedas, minuman berkafein atau apapun yang mengganggu lapisan dalam lambung.

Beberapa produk makanan yang dapat membebani sistem pencernaan dan tubuh adalah teh, soda, kopi, jus jeruk tertentu, dan buah-buahan.

Latihan untuk menguatkan Perut

Latihan memperkuat dinding perut
Foto: Pristyn Care
 

Hernia terjadi ketika terjadi melemahnya jaringan di sekitar organ. Oleh karena itu, untuk mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan, penguatan otot-otot ini menjadi penting. Ada latihan tertentu yang bisa memperkuat area selangkangan tempat terjadinya hernia.

Beberapa latihan yang dapat memperkuat otot perut adalah-

  1. Pengangkatan kaki miring
  2. Latihan bersepeda secara condong
  3. Remas bantal untuk memperkuat otot
  4. Mini crunch untuk dinding perut
  5. Latihan di kolam renang

 

Pertahankan berat badan yang sehat

Penting bagi Anda untuk menjaga berat badan yang sehat untuk memastikan pasokan darah beroksigen ke tubuh agar hernia tidak bergeser dari posisi semula. Berat badan yang sehat dapat dijaga dengan rutin berolahraga atau berlatih yoga. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak melakukan olahraga berat atau angkat beban berat yang mengganggu hernia dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Kompres dengan Es

Beberapa gejala umum hernia seperti bengkak, kemerahan, nyeri di perut atau selangkangan dapat diredakan dengan mengompres es. Oleh karena itu, jika nanti Anda mengalami gejala-gejala di atas, tempelkan kompres es langsung ke area yang terkena untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi kontraksi, kembung, dan peradangan.

Lakukan diet kaya serat

Ketika Anda menderita hernia, mantra Anda harus makan makanan berkualitas tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Usahakan untuk menghindari sembelit dengan mengubah pola makan dan memasukkan makanan tinggi serat seperti sayuran segar- wortel, sayuran berdaun hijau, kacang hijau, kacang polong, dan ubi jalar atau makanan non-sitrus seperti apel, pir, pepaya dan melon, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond dan biji chia, yogurt, dan protein tanpa lemak.

Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengobati hernia tanpa operasi. Selain itu, minumlah banyak air dan jus segar yang terbuat dari lidah buaya, wortel, dan kubis untuk mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung dan mulas.


Umbi Jahe

Umbi Jahe
Foto: Pristyn Care

Ini adalah obat alami untuk hernia inguinalis. Akar jahe dapat meringankan rasa sakit di perut dan mencegah penumpukan lambung di lambung dan kerongkongan sehingga menurunkan risiko naiknya asam lambung. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam teh atau merebusnya dalam air.

Yoga untuk Hernia Inguinalis

Penting bagi Anda untuk memilih pose yoga yang tepat untuk meredakan tekanan perut, memperkuat otot perut, dan menutup saluran inguinalis. Beberapa postur yoga yang bisa Anda coba untuk mengatasi hernia inguinalis adalah:

  • Sarvangasana
  • Matsyasana
  • Utthanpadasana
  • Pawanmuktasana
  • Paschimottanasana
  • Vajrasana

Rekomendasi Lebih Lanjut


Tips yang disebutkan di atas bekerja pada berbagai faktor kondisi hernia – tingkat keparahan masalah, lokasi hernia serta fisik orang tersebut. Oleh karena itu, karena hal ini bergantung pada faktor-faktor tertentu, efektivitasnya mungkin berbeda untuk setiap orang. Selain itu, mungkin juga ketika mencoba pengobatan ini, hernia menjadi terjepit. Hal ini bisa berakibat fatal.

Hernia adalah kondisi kritis, oleh karena itu disarankan agar diagnosis dan pengobatannya hanya dilakukan oleh ahli medis profesional. Jika Anda sedang mencari perbaikan hernia, kunjungi klinik terdekat atau dokter keluarga Anda.

Semoga bermanfaat dan sehat selalu

Sumber: Pristyn Care.com
 


Baca Juga