Search Insights & Web

Dahulu ada Encarta Sebelum Kalah Saing dengan Wikipedia

Insights Knowledge (IK) - Di zaman sekarang ini dunia ada dalam 'gengaman'. Apa pun yang ingin kita carai dan ingin kita ketahui cukup dengan sentuhan jari pada layar gadget kita. Biasanya urutan teratas untuk mencari definisi suatu hal, kita akan ditawarkan link ke wikipedia. Tahukah Anda, sebelum ada wikipedia ada kumpulan ensiklopedia pengetahuan besutan Microsoft bernama Microsoft Encarta?

Apa itu Encarta? coba searching di internet, jreng... kita akan mendapat penjelasan dari wikipedia. Ya, wikipedia kita jagonya. Encarta, ensiklopedia multimedia digital milik Microsoft tutup usia. Pasalnya, ensiklopedia yang didirikan di tahun 1993 ini tak mampu lagi beradu kekuatan dengan sang jawara, Wikipedia.

Encarta adalah ensiklopedia digital multimedia yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Sampai dengan tahun 2008, Encarta Premium mengandung sekitar 62.000 artikel dengan banyak foto dan ilustrasi, klip musik, video, game interaktif, dan semua itu terdapat di World Wide Web dengan setiap tahun berlangganan atau dengan membeli DVD-ROM atau CD-ROM.

Microsoft membuat beberapa ensiklopedia yang hampir sama di bawah merek dagang Encarta dalam berbagai bahasa, yaitu bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Italia, bahasa Spanyol, bahasa Belanda, dan bahasa Jepang. Encarta diluncurkan pada tahun 1993 setelah Microsoft memperoleh hak non-ekslusif atas Ensiklopedia Funk & Wagnalls. Pada Maret 2009, Microsoft mengumumkan akan menghentikan layanan Encarta; perangkat lunaknya akan berhenti dijual pada Juni 2009, sedangkan versi situs webnya berhenti pada 31 Oktober 2009.

Walaupun Encarta memiliki keunggulan di segi grafik yang menarik dan suara, namun sepertinya para pencari masih lebih memihak pada Wikipedia. Mereka lebih mementingkan keupdatean informasi yang diberikan. Embel-embel lainnyapun seakan-akan dianggap tidak terlalu penting.

Update informasi di Wikipedia tidak lepas dari terbukanya kemungkinan bagi
siapapun untuk bisa mengedit konten di dalamnya dengan mudah. Inilah yang tidak bisa dipenuhi oleh Encarta, sehingga informasi yang disediakan cenderung basi.

Baca Juga