Search Insights & Web

Spektakuler, Rewind Indonesia 2023, Siapakah Chandra Liow?


 

Insights Knowledge [IK] - Rewind Indonesia 2023 merupakan karya dari sepasang content creator asal Indonesia bernama Chandra Liow dan Adi Victory. Para content creator dan figur publik dari semua platform tanah air ikut dalam proses pembuatan Rewind Indonesia. Alhasil, video tersebut berhasil membuat para penonton terpukau.

Apa iu Rewind Indonesia?

Rewind Indonesia (sebelumnya YouTube Rewind Indonesia) adalah seri video asal Indonesia yang merangkum dari kejadian-kejadian yang viral di YouTube pada tahun tersebut. YouTube Rewind Indonesia dibuat untuk merayakan apa saja yang viral di YouTube Indonesia selama setahun dan merupakan ajang kolaborasi bagi para konten kreator. Edisi tahunan video ini, dirilis di kanal YouTube Indonesian Creators (sebelumnya: Indonesian YouTubers) untuk versi tahun 2015, 2016, 2018, 2020, 2021 dan 2023. Video Rewind Indonesia awalnya dirilis di kanal YouTube Eka Gustiwana untuk versi tahun 2014.. Namun, untuk versi tahun 2022, dirilis di kanal YouTube Deddy Corbuzier. Rewind Indonesia tidak berafiliasi dengan YouTube atau Google sebagai perusahaan. Rewind Indonesia dibuat oleh para kreator Indonesia.

 

Siapakah Chandra Liow?

Inilah sosok Chandra Liow, sutradara di balik suksesnya YouTube Rewind Indonesia 2023. Ya, Rewind Indonesia 2023 telah rilis di YouTube sejak Jumat (12/1/2024). Saat ini, YouTube Rewind Indonesia 2023 ini masih menempati trending 1 YouTube.

"Sosok Chandra Liow, Sutradara di Balik Kesuksesan Rewind Indonesia 2023 hingga Trending 1 YouTube" kaltim.tribunnews.com
 

Chandra Timothy Liow atau yang dikenal dengan Chandra Liow merupakan seorang YouTuber dan aktor. Chandra Liow lahir pada tahun 21 Juni 1993 di Jakarta. Diketahui, Chandra Liow merupakan keturunan Tionghoa Manado.

Chandra Liow pernah menempuh pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara dengan prodi DKV (Desain Komunikasi Visual), dikutip dari Tribunnewswiki.com.
 

Chandra Liow dikenal sebagai salah satu pelopor Indovidgram. Selain itu, Chandra Liow sering mengunggah konten-konten videonya di akun YouTubenya, Tim2one - ChandraLiow.

Tidak hanya dikenal sebagai YouTuber, Chandra Liow juga pernah membintangi salah salah satu film karya Raditya Dika yaitu SINGLE. 

Chandra Liow

Awalnya, Chandra Liow merupakan pelajar biasa. Namun, ketika ia masih bersekolah, Chandra Liow menganggap bahwa membuat video merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri.

Kemudian Chandra Liow ingin mengembangkan karirnya di dunia sinematografi. Namun, keinganan Chandra Liow pernah ditentang ibunya yang merupakan seorang pendeta. Ibunya menganggap membuat video-video tersebut merupakan suatu yang betentangan dengan ajarannya.

Akan tetapi, berkat kesuksesannya membuat karya film pendek dan menjadi juara kompetisi beasiswa di UMN, membuat ibunya merestui keinginan Chandra Liow.

Kemudian Chandra Liow mengawali karirnya di dunia sinematografi dengan membuat YouTube. Ia membuat akun YouTube bersama dengan Tim2one. Chandra Liow membuat video-video tersebut secara otodidak.

Semua Chandra Liow pelajari melalui YouTube, mulai dari proses editing video hingga teknik pengambilan gambar.

Kemudian Chandra Liow mulai aktif di YouTube pada tahun 2009. Lalu ketika Instagram meluncurkan fitur terbarunya yaitu video berdurasi 15 menit, Chandra Liow mulai memanfaatkan fitur tersebut dengan mengunggah video-video lucu.

Walaupun Chandra Liow telah berkarya di YouTube selama 6 tahun, ia mengaku tidak pernah mengambil uang adsense dari YouTube Tim2One. Chandra Liow menganggap YouTube adalah tempat ia berkarya dan membesarkan namanya di dunia sinematografi.

Untuk diketahui, keterlibatan Chandra Liow dalam Rewind Indonesia sejak 2015 hingga saat ini.


Chandra Liow sempat Menyatakan Takkan Menyutradari Rewind Indonesia 2023

Chandra Liow kembali menjadi sutradara Rewind Indonesia 2023. Padahal, ia sempat berhenti menjadi sutradara video kaleidoskop kejadian trending selama setahun itu karena beberapa hal. Ia pun mendelegasikan peran sutradara kepada partnernya, Cia Nicolay. Namun, karena alasan tertentu, akhirnya peran sutradara kembali ke Chandra Liow. Klarifikasinya di Youtube channel Tim2One


"Pertama, Chandra Liow itu seharusnya tidak men-direct Rewind Indonesia 2023," kata Chandra Liow di kanal YouTube SuperYouth yang tayang pada 6 Januari 2024.

Chandra Liow tetap mendukung proyek tersebut selama ditangani Cia Nicolay. Namun, pada Oktober 2023, Cia mendapatkan musibah yang berat. Ia kehilangan sahabat terbaik yang meninggal mendadak.

"Itu membuat gua masih belum bisa menerima keadaan. Yang mungkin mengubah rasionalis gua, dan membuat tidak maksimal memegang rewind di tahun ini," ucap Cia Nicolay dalam video klarifikasi Rewind Indonesia 2023 yang diunggah di kanal Youtube Tim2One, 6 Januari 2024. 

Cia Nicolay merupakan partner Chandra sejak lama di lingkungan content creator YouTube. Cia sendiri aktif di industri kreatif. Bahkan ia menjadi sutradara kanal YouTube Kisarasa yang dibintangi Chef Renata dan Chef Juna.

Karena kondisi psikologisnya tidak stabil, Cia Nicolay takut karyanya tidak maksimal. Ia tak ingin mengecewakan para penonton yang telah menanti Rewind Indonesia 2023.

Karena itu, peran sutradara yang tadinya telah berpindah tangan ke Cia, ia kembalikan ke Chandra Liow dan Adi Victory. Jadilah Rewind Indonesia 2023 yang cantik sekaligus satire dan penuh warna tersebut. 

Chandra mendeskripsikan perbedaan Rewind Indonesia 2023 dengan edisi-edisi sebelumnya, ia akan cepat menjawab, "Yang ini Indonesia banget." 

Ia banyak mengangkat fenomena yang sedang trending di Indonesia, tanpa banyak diselipi unsur trend dari luar. Mulai dari bullying, menjamurnya konser, dan persiapan pemilu 2024, dan fenomena lain yang sifatnya lebih kecil. 

Sudah nonton Rewind Indonesia 2023? Bagaimana menurut Anda?


 


Referensi:

  1. "Rewind Indonesia" wikipwdia.org Diakses 15 Januari 2024.
  2. "Chandra Liow Kembali Sutradarai Rewind Indonesia 2023, Ini Sebabnya" Harian Disway, Minggu 14-01-2024,08:10 WIB. harian.disway.id Diakses 15 Januari 2024.
  3. "Sosok Chandra Liow, Sutradara di Balik Kesuksesan Rewind Indonesia 2023 hingga Trending 1 YouTube" kaltim.tribunnews.comSiapakah Chandra Liow?  Diakses 15 Januari 2024.
Baca Juga