Search Insights & Web

Kingkong Ternyata Pernah Hidup di Muka Bumi

Ilustrasi: Reddit.com

 

Insights Knowledge (IK) - Kingkong ternyata pernah hidup di muka bumi, meski lebih dikenal dengan Gigantopithecus blacki. Nama King Kong adalah seekor binatang fiksi gorila raksasa bernama Kong yang berasal dari Skull Island, yang muncul di beberapa film sejak 1933. Pertama kali dibuat filmnya pada tahun 1933, selanjutnya diikuti oleh film remake tahun 1976 dan 2005 dan sejumlah sekuelnya.

Kera terbesar di dunia, Gigantopithecus, memang sudah punah sekitar 100.000 tahun yang lalu, teman-teman. Ia hidup kira-kira selama enam sampai sembilan juta tahun di wilayah selatan Tiongkok. Ia mirip dengan orang utan, namun berdasar fosil yang ditemukan, ukurannya mencapai tiga meter, lo!

Kalau tinggi tubuhmu sekitar 120 - 150 sentimeter, berarti primata ini sekitar 3 atau 4 kali lipatnya. Belum lagi, berat tubuhnya kira-kira 500 kilogram. Berat sekali, ya?

Hewan berukuran besar bisanya tidak punya banyak pemangsa, dan punya daerah kekuasaan untuk mencari makanan. Namun, menurut penelitian, ukuran yang besar ini juga jadi penyebab primata ini punah, teman-teman. Perubahan iklim di akhir zaman es membuatnya tidak bisa bertahan hidup.


Dengan badan yang begitu besar, Gigantopithecus membutuhkan makanan dengan jumlah yang banyak. Gigantopithecus ini adalah pemakan buah-buahan. Di akhir zaman es atau Pleistocene, banyak hutan berubah menjadi area sabana. Nah, Gigantopithecus gagal beradaptasi dengan makan rumput, akar-akaran dan daun-daunan yang tersedia di alam.

Di masa itu, orangutan dan kera besar lainnya bisa bertahan karena tubuhnya punya proses motabolisme yang lambat, dan bisa bertahan dengan makanan yang terbatas. Wah, sekarang, orang utan juga sudah terancam punah karena habitatnya diambil manusia, nih.

Oya, menurut ilmuwan Aaron Clauset, hewan yang punya tubuh besar juga punya keturunan yang sedikit. Populasinya juga jadi sedikit, sehingga saat ada perubahan yang mempengaruhi sumber makanan, semuanya tidak bisa bertahan, teman-teman.

Karenanya, kita bantu jaga bumi agar hewan di alam liar tetap hidup, yuk!

Baca Juga