Search Insights & Web

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Pertama Indonesia | Proyek PLTN Indonesia Dimulai 2024


 

Insights Knowledge [IK] - Pulau Gelasa, Bangka Belitung, disebut-sebut akan menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN pertama Indonesia. Simbolisasi awal proyek pembangunannya dimulai pada 2024 dan direncanakan beroperasi pada 2030. PT ThorCon Power Indonesia (PT TPI) menargetkan kontruksi Thorium Molten Salt Reactor (TMSR) dengan daya 500 megawatt (MW) dapat dimulai tahun depan. Sementara operasi komersial TMSR dengan nilai investasi mencapai sekitar Rp17 triliun itu diharapkan terjadi pada 2030 mendatang. Lokasinya di pulau Kelasa atau Gelasa.

Di mana Pulau Gelasa dan seperti apa pulaunya?

Pulau Gelasa adalah sebuah pulau kecil yang berada di gugusan Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini tepatnya terletak di sisi timur Pulau Sumatra.

Secara administrasi, Pulau Gelasa menjadi bagian dari Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006 oleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, pulau ini tidak mengalami perubahan nama dari Pulau Gelasa menjadi Kelasa. Masyarakat sekitar menamakan pulau ini pulau Kelasa yang berarti bonggol ditekuk atau punggung binatang dikarenakan pulau ini terlihat seperti bonggol yang ditekuk dari jauh.

Selain itu hasil dari Feasibility Study yang dilakukan oleh PLNE menyatakan bahwa aspek sipil dan geologi, tidak ada indikasi ancaman bencana geologi serius di pulau Kelasa khususnya di lokasi Tapak TMSR500.

 

Sumber:

  1. "Inilah Pulau Gelasa Bangka Belitung, Lokasi Pembangkit Nuklir atau PLTN Pertama Indonesia, Proyek Dimulai 2024". Pikiran-rakyat.com Diakses 3 Nopember 2023.
  2.  "ThorCon Siap Bangun Reaktor Nuklir Rp17 Triliun Tahun Depan", Penulis : Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com Diakses 3 Nopember 2023.
Baca Juga